English (United Kingdom)

Events Calendar

November 2017
M T W T F S S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3

Latest Events

No events

Our Facebook Page

Siswa Jurusan Usaha Perjalanan Wisata SMKN 1 Pacitan Praktek Lapangan ke Goa Gong
Monday, 14 November 2011 00:00

Siswa Jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) kelas x semester satu, mengadakan praktek lapangan semester gasal untuk mata pelajaran tour guiding dan tour planning di Goa Gong, Pringkuku – Pacitan. Penyelenggaraan praktek lapangan di Goa Gong itu didanai oleh Jurusan UPW SMK N 1 Pacitan. Kegiatan itu merupakah praktek lapangan yang ke-12 yang diselenggarakan di luar sekolah. Kegiatan ini dibimbing oleh guru pengampu mata pelajaran tour planning dan bahasa Jerman, Sunarto, S.Pd.

Kegiatan praktek di luar sekolah dimaksudkan agar siswa benar-benar mengenal objek wisata yang dipelajari dan dapat mempraktikkan langsung materi pemanduan sesuai tema objek yang dikunjungi. Menurut Kajur UPW, Mursid, S.Pd, Minggu (13/11), mata pelajaran itu merupakan mata pelajaran praktek lapangan terkait objek wisata, khususnya yang terdapat di kota Pacitan dan sekitarnya. Adapun tujuan dari mata pelajaran tersebut adalah memberikan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan bagi siswa tentang pemanduan wisata.

Dalam kegiatan praktek tersebut, siswa menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam perjalanan menuju dan selama di Goa Gong, serta dilanjutkan  menuju objek wisata lainnya seperti Goa Tabuhan, Song Terus, Sungai Banjar dan Museum Bowono Keling, yang merupakan objek wisata kawasan Pringkuku. Menurut guru mata pelajaran tour guiding, Heru Suranto Adi, S.E, (dibaca: Heru), mata pelajaran di semester gasal ini berisi materi objek wisata khusus di kota Pacitan dan sekitarnya.

Heru menambahkan, metode pembelajaran selama praktek lapangan menggunakan metode bermain peran. Secara bergantian siswa memerankan sebagai seorang pemandu wisata dan wisatawan. Sedangkan materi pemanduan masing-masing siswa berbeda antara siswa yang satu dengan yang lainnya. Penentuan tema dilakukan dengan cara diundi satu hari sebelum kegiatan praktek dimulai, sehingga siswa bisa mempersiapkan materi pemanduan secara maksimal.

 

Biodata Penulis:

Sunarto, S.Pd.
Guru Produktif Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata SMKN 1 Pacitan