English (United Kingdom)

Events Calendar

November 2017
M T W T F S S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3

Latest Events

No events

Our Facebook Page

Gebyar Pameran SMK N 1 Pacitan Akhir Tahun Pelajaran 2013/2014
Written by Ari Sarifudin, S.Pd.   
Saturday, 24 May 2014 08:34

Gebyar Pameran Akhir Tahun Pelajaran 2013/2014 SMK Negeri 1 Pacitan telah dilaksanakan di Gedung Gasibu Swadaya Pacitan mulai tanggal 14 s.d 18 Mei 2014. Pameran ini merupakan sarana untuk menyampaikan informasi tentang kualitas dan kuantitas kompetensi yang dimiliki oleh siswa maupun output yang dihasilkan SMK Negeri 1 Pacitan. Dengan demikian masyarakat, dunia usaha dan industri diharapkan akan mengetahui sumber daya manusia yang dimiliki yaitu kompetensi yang berkualitas demi tuntutan dunia kerja yang mampu bersaing di era global.

Tema Gebyar Pameran Akhir Tahun Pelajaran ini adalah : “Pameran Tugas Akhir wujud dari kamandirian Kompetensi Siswa SMK  menunjang Pertumbuhan  Ekonomi Kreatif.”

Salah satu kegiatan yang merupakan evaluasi perkembangan SMK Negeri 1 Pacitan sekaligus sebagai pendorong peningkatan mutu adalah Gebyar Pameran akhir tahun pelajaran siswa SMK Negeri 1 Pacitan. Dalam Gebyar pameran ini diharapkan siswa tidak cukup menguasai teknis mengerjakan sesuatu bidang keahliannya, tetapi perlu dibekali kemampuan berkomunikasi efektif, berfikir kritis merancang strategi pemecahan masalah serta memanfaatkan teknologi dan informasi.

Di SMK Negeri 1 Pacitan Gebyar Pameran rutin dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran, dan untuk tahun 2014 dilaksanakan di Gedung Gasibu Swadaya Pacitan pada tanggal  14 s.d 18 Mei 2014 dengan tujuan untuk mempromosikan produk-produk hasil karya siswa ataupun hasil karya alumni serta untuk meningkatkan citra SMK Negeri 1 Pacitan .

Tujuan diadakannya kegiatan Gebyar Pameran Akhir Tahun Pelajaran ini yaitu :

1. Meningkatkan citra dan mempromosikan perkembangan kualitas pendidikan  kejuruan dan ketrampilan serta performance kerja yang dimiliki siswa SMK Negeri 1 Pacitan

2. Menjalin Kerjasama yang lebih erat ( Link and Match ) antara SMK Negeri 1 Pacitan dengan Dunia Usaha / Dunia Industri.

3. Menumbuhkan semangat persaingan dan keunggulan yang sehat antara sesama siswa SMK Negeri 1 Pacitan.

4. Memasarkan dan memasyarakatkan kemajuan-kemajuan yang dicapai siswa SMK Negeri 1 Pacitan Dalam upaya mendapatkan prestasi dan penghargaan dari pemerintah dan masyarakat.

5. Untuk menjaring  input  calon siswa baru SMK Negeri 1 Pacitan dalam rangka pengembangan dan peningkatan mutu lulusan.

Peserta Kegiatan Pameran ini adalah  :

1. Siswa SMK Negeri 1 Pacitan kelas I, II dan III.

2. Unit Produksi SMK N 1 Pacitan.

3. Alumni SMK N 1 Pacitan.

4. Institusi Pasangan ( DU/DI ).

Materi kegiatan yang dilakukan terbagi sebagai berikut:

1. Karya Kegiatan Pembelajaran ( karya KBM ) terdiri dari

a. Karya Desain dan Produksi Kria Kayu

b. Karya  Desain dan Produksi Kria Tekstil

c. Karya Desain dan Produksi Kria Kulit

d. Karya Seni Rupa Animasi

e. Karya Seni Rupa / Desain Komunikasi Visual

f. Karya Tata Busana

g. Karya Tata Kecantikan Rambut

h. Karya Multi Media

i. Karya Teknik Komputer Dan Jaringan

j. Karya Konstruksi Kayu

k. Jasa Usaha Pariwisata

l. Teknik Gambar Bangunan

2. Karya Unggulan Unit Produksi

3. Produk Produk unggulan  para Alumni

4. Produk Unggulan dari Institusi Pasangan ( DU/ DI )

Untuk mengawali kegiatan ini dilaksanakan Pembukaan Gebyar Pameran Akhir Tahun Pelajaran 2013/2014 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Mei 2014 pukul 19.00 WIB. Adapun peserta pembukaan Gebyar Pameran tersebut adalah sebagai berikut :

1. Bupati dan Muspida

2. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pacitan

3. Kepala SMU/MAN, SMK, SMP/Tsanawiah Se Kabupaten Pacitan

4. Bpk/ Ibu Guru Karyawan SMK Negeri 1 Pacitan.

5. Dunia Usaha Dan Industri

Melalui Gebyar Pameran Karya siswa SMK Negeri 1 Pacitan Tahun 2014 diharapkan akan tumbuh dan berkembang  dalam peningkatan kreatifitas, kualitas  dalam berproduksi, sehingga dapat menghasilkan produk-produk terbaik sesuai bidang  masing-masing.

Disamping itu dengan Gebyar Pameran juga bermanfaat  memacu para siswa untuk berkiprah dan berkompetisi dalam rangka persiapan memasuki Dunia Usaha dan Industri.

Dan yang penting lagi menumbuhkan daya tarik bagi calon siswa  yang ingin memasuki  pendidikan yang lebih tinggi ( SMK Negeri 1 Pacitan ) untuk mengembangkan niat dan bakat yang dimiliki.

Akhirnya dengan diselenggarakannya Gebyar Pameran Akhir Tahun Pelajaran 2013 / 2014 akan membawa kemajuan dan perkembangan SMK Negeri 1 Pacitan yang akan datang. Terlaksananya Gebyar Pameran akhir Tahun pelajaran siswa SMK Negeri 1 Pacitan  ini tidak lepas atas dukungan dari berbagai fihak, untuk itu kami ucapkan banyak terimakasih atas dukungannya.

Berikut foto-foto terkait kegiatan tersebut :