Bahasa Indonesia

Events Calendar

November 2017
M T W T F S S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3

Latest Events

No events

Our Facebook Page

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Implementasikan Oracle Academy di SMK
Senin, 02 May 2016 00:00
There are no translations available.

Jakarta, Indonesia, 29 April 2016 – Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan khususnya SMK Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan telah bersepakat untuk menjalin kemitraan dengan PT. Oracle Indonesia untuk menjadikan SMK terpilih sebagai anggota Oracle Academy. Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Partnership Agreement yang ditandatangani oleh Direktur Pembinaan SMK dengan Managing Director Oracle Indonesia.

Melalui kerjasama ini, Oracle akan melatih 1.800 guru dari 900 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tentang Basic Programming dengan aplikasi Java dan Database. Guru-guru tersebut kemudian akan melatih 1.200 guru dari sekolah lain, yang nantinya akan mengajar 259.200 siswa di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Multimedia. Seluruh peserta training  akan mendapatkan akses untuk berinteraksi dengan para ahli, sertifikat dan persiapan ujian, serta materi pembelajaran dan teknologi pendukung.

 

Selama periode kemitraan, Oracle juga akan menyediakan modul Java Fundamentals, Java Foundations, Java Programming, Database Foundation, Database Design dan Programming menggunakan SQL, serta Programming menggunakan PL/SQL untuk seluruh peserta. Pengalaman yang didapatkan akan memudahkan peserta dalam menerapkan ilmunya di lingkungan akademisi sehingga siswa dapat mengalami kemajuan yang pesat dalam hal akademik dan kemampuan (skill) yang notabene sangat dibutuhkan dalam berkarir di dunia IT. Hasil ini juga akan meningkatkan kualitas peserta pelatihan agar memenuhi standar kualifikasi nasional Indonesia.

 

Oracle akan mengadakan sebuah pelatihan “Training For Trainer”  yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan peserta dari sekolah yang nantinya menjadi perwakilan sebagai instruktur untuk tiga pelatihan, yaitu Java Fundamentals untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dab Jaringan, dan Multimedia, kemudian Java Programminng, Database Design, Database Programming dengan SQL, dan Programming dengan PL/SQL untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Setelah mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat, peserta diharapkan akan menggunakan infrastruktur dari Oracle Academy untuk melatih peserta lain.

“Oracle Academy telah berdedikasi dalam misi kita untuk memperluas jangkauan pendidikan ilmu komputer kepada para guru maupun siswa di seluruh dunia, termasuk Indonesia,” ujar Erwin Sukiato selaku Managing Director Oracle Indonesia. “Akses terhadap pendidikan ilmu komputer merupakan isu yang sangat penting di abad ke 21 ini, dan dengan bantuan dari program Oracle Academy, guru-guru SMK dapat memperkaya pengetahuan mereka dan membangun industri yang terkait dengan bidang IT maupun bidang lainnya.”

“Tujuan utama dari MoU ini adalah untuk memperkuat  peningkatan kualitas individu berbasis keunggulan dan teknologi, memberdayakan ekosistem dalam rangka mempersiapkan para guru dan siswa untuk memiliki kemampuan/daya saing dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di tahun 2016,” ujar Drs. M Mustaghfirin Amin, MBA, selaku Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Kami mengapresiasi Oracle Academy yang memberikan respon aktif terhadap tantangan ini dengan menciptakan program yang dapat mendidik, meningkatkan dan memperluas wawasan generasi penerus bangsa menuju kesuksesan.

Hadir pada kesempatan tersebut kepala sekolah dari 21 SMK yang ditunjuk sebagai koordinator di masing-masing wilayah untuk mengimplementasi kerjasama dengan Oracle Academy tersebut. Dua puluh satu SMK tersebut yakni: SMKN 2 Pangkal Pinang, SMKN 1 Denpasar, SMKN 1 Rangkasbitung, SMKN 2 Yogyakarta, SMKN 4 Bandung, SMKN 2 Surakarta, SMKN 2 Surabaya, SMKN 7 Samarinda, SMKN 2 Bandar Lampung, SMKN 5 Makassar, SMKN 9 Medan, SMKN 4 Kendari, SMKN 1 Lingsar, SMKN 1 Batam, SMKN 2 Palembang, SMKN 5 Banjarmasin, SMKN 3 Palangkaraya, SMKN 2 Manokwari dan SMKN 2 Malang.

Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1534/direktorat-pembinaan-sekolah-menengah-kejuruan-implementasikan-oracle-academy-di-smk