Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh peserta didik baru ketika masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar yang efektif, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

Sesuai dengan Permendikbud No.18 Tahun 2016 bahwa penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan. Kegiatan MPLS dilarang mengarah pada perploncoan atau tindakan kekerasan lainnya (bersifat humanis). Konsep MPLS yang humanis, dinamis, menyenangkan, edukatif, dan bermakna sangat penting untuk dilakukan mengingat Indonesia tengah mengalami Pandemi Covid-19

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Th. 2020/2021 dilaksanakan secara daring penuh (Full Online) dan cukup berbeda dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah peserta didik sehingga tidak perlu keluar rumah untuk mengenal dan disekolah tujuan selama masih diberlakukannya Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Jawa Timur.

Tema dari kegiatan MPLS kali ini adalah “Menggali Kebaikan dan Potensi Diri dengan Maksimal dari Rumah”. Tema ini sejalan dengan situasi Pandemi bahwa peserta didik hendaknya senantiasa melakukan kebaikan, mengenali potensi diri, meningkatkan kompetensi, produktif dan terus belajar meskipun dari rumah.

selanjutnya, peserta MPLS SMK Negeri 1 Pacitan dapat mengakses http://moodle.smkn1pacitan.sch.id untuk mengikuti rangkaian kegiatan MPLS SMK Negeri 1 Pacitan tahun 2020/2021

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK N 1 Pacitan 2020/2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.