Unik, mungkin kesan yang dapat menggambarkan perayaan hari jadi ke-53 OSIS SMK Negeri 1 Pacitan, yang bertepatan pada hari Jumat 4 Februari 2022 di lapangan upacara gedung barat SMKN 1 Pacitan. Para guru dan siswa mengenakan pakaian adat Jawa layaknya abdi dalem Keraton dan melaksanakan apel pasukan lengkap dengan properti dan asesorisnya.

Dengan mengusung tema “Ngleluri Budaya Ambangun Nagara” OSIS SMK Negeri 1 Pacitan melakukan apel pasukan dilanjutkan kirab Tumpeng dengan diiringi tari dan Gending kebo giro . “Selama prosesi, mengunakan bahasa Jawa, tujuannya untuk menumbuhkan karakter berbudaya, ditengah modernisasi global” ungkap Rustanto, S.Pd. selaku pembina OSIS SMK Negeri 1 Pacitan.

Didaulat menjadi pembina apel Drs.Sarwono, MM.Pd memberikan amanat untuk senantiasa menjaga tradisi budaya luhur, sejarah dan penghormatan kepada para pendiri SMK Negeri 1 Pacitan, “Kesuksesan hari ini merupakan buah perjuangan dan kerja keras dari pendahulu”, ujar beliau.

Acara tersebut semakin meriah dengan flashmob “gugur gunung” oleh semua warga sekolah, dilanjutkan penampilan siswa mulai dari penampilan tari tradisional, karawitan, rebana, musikalisasi puisi, vokal solo maupun group. “Hari ini menjadi panggung untuk unjuk diri, setelah sekian lama vakum kegiatan akibat pandemi Covid 19”, tambahnya.

Secara terpisah, Kepala SMK Negeri 1 Pacitan Drs. Joko Supriyadi, M.Pd. berpesan bahwa nilai nilai budaya jawa khususnya dan budaya Indonesia umumya memberikan sumbangan utama dalam pembangunan karakter bagi generasi muda Indonesia. “Siswa SMK Negeri 1 Pacitan harus mengenal, memahami, mengamalkan nilai nilai budaya Indonesia sebagai calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia”, tegas beliau.

Sementara itu, Wisnu Ketua OSIS SMK Negeri 1 Pacitan, menyebutkan proses ini dipersiapkan secara matang meskipun dengan waktu yang singkat, hanya sepekan sebelum acara. “Dimulai dari merancang konsep acara hingga pembentukan kepanitiaan,” ujarnya. Meskipun waktu persiapan tidak lama, namun panitia tetap terkonsep dan fokus mengerjakan tugas sesuai bidang dan peranan, sehingga pada hari H acara berlangsung meriah dan sukses atas kerjasama seluruh warga sekolah.

Wisnu merasa melalui kegiatan ini dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi pengurus OSIS dan jadi pemersatu kepengurusan untuk lebih baik ke depan

Uniknya Perayaan HUT KE 53 OSIS SMK NEGERI 1 PACITAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.