TIMES JATIM, PACITAN – Demi mencetak pemimpin berintegritas di masa yang akan datang, SMKN 1 Pacitan, Jawa Timur menggelar pemilihan umum raya untuk menentukan ketua dan wakil ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS periode 2022-2023.

Pemilu raya SMKN 1 Pacitan yang digelar sejak Senin (3/10/2022) hingga Jumat (7/10/2022) mendatang mengusung tema ‘suara demokrasi’. Kegiatan ini merupakan implementasi dari pembelajaran kokurikuler Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5.

Kepala SMKN 1 Pacitan Joko Supriyadi mengatakan, jadwal pelaksanaan rangkaian pesta demokrasi bagi siswa sudah ditentukan. Alasan pengambilan tema tersebut bertujuan untuk membentuk pribadi yang menghargai perbedaan di dalam pemilu.

“Kegiatan P5 merupakan hal baru bagi kami, mengambil tema ‘suara demokrasi’ karena pada tahun 2024 nanti para siswa SMKN 1 Pacitan yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, pasti menjadi pemilih pemula,” katanya, Rabu (5/10/2022).

Layaknya pemilu, Joko melanjutkan, kegiatan di SMKN 1 Pacitan ini juga memiliki beberapa tahapan, mulai persiapan, pengenalan calon, debat kandidat, pencoblosan di bilik sampai penghitungan suara. Beberapa waktu lalu, pihaknya juga mendatangkan pemateri dari KPU Pacitan berkaitan dengan demokrasi.

“Jadi, perbedaan pilihan itu wajar, jangan terlalu fanatik, menang atau kalah sudah biasa, kalau menang jangan jumawa, kalah harus siap menerima,” terangnya saat ditemui TIMES Indonesia di ruang kerja.

Lebih lanjut, dalam kegiatan tersebut juga digunakan sebagai ajang untuk mengasah nalar kritis, kreatifitas, kemandirian, gotong-royong, kebhinekaan dan karakteristik akhlak para siswa. Point pentingnya adalah bagaimana cara menyikapi perbedaan dalam pilihan.

“Terpenting adalah bagaimana memaknai dan menyerap apa yang diperoleh dari kegiatan edukasi ini. Alhamdulillah, antusias siswa sangat luar biasa, karena perdana, apalagi selama dua tahun didera pandemi Covid-19 tidak ada kegiatan,” jelas Joko Supriyadi.

Selain itu, sekolah menengah kejuruan yang terletak di Jalan Letjend. Soeprapto Nomor 53, Lingkungan Barean, Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan itu juga sedang mempersiapkan lulusan sesuai bidang kompetensi dan visi-misi.

Kendati demikian, anak didik di SMKN 1 Pacitan telah dibekali dengan hard skill dan soft skill sesuai porsi dalam menghadapi era literasi digital. Proyeksi hasil, akan dirasakan 10 tahun mendatang.

“Siswa hadir di sini memang kami berikan porsi yang sesuai. Setelah ini, mereka bisa memilih melanjutkan ke perguruan tinggi, berwirausaha atau bekerja di bidang industri. Sehingga mampu mandiri,” jelasnya lagi.

Sebagai informasi, pemilu raya SMKN 1 Pacitan kali ini diikuti oleh kelas X dan XI sebanyak 845 siswa yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). Sedangkan untuk ketua dan wakil ketua OSIS terdiri dari 4 pasangan calon. Yang terlibat dalam kegiatan tersebut hanya dari Komisi Pemilihan OSIS dan panitia. (*)

sumber : https://jatim.times.co.id/

Cetak Pemimpin Berintegritas, SMKN 1 Pacitan Gelar Pemilu Raya OSIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *